What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Wednesday, October 22, 2014

7 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Warna Unyu ~ Menangis atau mengalirkan air mata sering dianggap orang sama dengan menunjukkan kelemahan, atau malah mempertontonkan aib di depan orang lain. Orang yang menangis pun kerap dianggap sebagai orang yang cengeng, lemah dan penakut.

Padahal tahukah sahabat unyu, ternyata menangis itu memiliki dampak baik bagi kesehatan, perasaan, serta kehidupanmu, Ah masa ? Baca ini !

1. Air Mata Membantumu Untuk Melihat
Kamu harus bersyukur masih bisa mengeluarkan air mata, karena air mata itu yang membuat seseorang bisa melihat. Salah satu fungsi air mata adalah melumasi mata, serta mencegah mata kita agar tidak kering.

Ingin tahu sakitnya mata jika tak ada air mata? cobalah untuk tak berkedip selama satu menit, dan katakan terus terang bagaimana rasanya. Hal ini tidak boleh dilakukan secara berkelanjutan, karena akan berdampak pada kebutaan.

2. Air Mata Bisa Membunuh Bakteri-Bakteri
Air mata kita sesungguhnya mengandung zat anti bakteri yaitu lysozyme, zat anti bakteri ini mampu membunuh 90 - 95 persen bakteri di mata hanya dalam waktu 10 menit saja. Jika air mata kita tidak mengandung lysozyme, kemungkinan dengan bakteri yang ada di alam sekitar bisa menumpuk di mata. Sangat mengerikan jika dibayangkan

3. Menangis Membantumu Mengeluarkan Racun Dari Tubuh
Dikutip dari hipwee.com, penelitian selama bertahun-tahun yang dilakukan oleh seorang ahli biokimia, William Frey, mengungkapkan bahwa ternyata air mata yang kita keluarkan saat kita merasa emosional seperti sedih atau stres ternyata berbeda dengan air mata yang kita titikkan saat terkena iritasi mata ringan.

Terus apa bedanya? Ternyata air mata yang kita keluarkan saat sedang emosional itu mengandung racun yang tidak ditemukan pada air mata saat kita mengalami iritasi mata ringan. Ini bukan berarti air mata kita beracun,  Justru hal ini membuktikan bahwa air mata mampu membantu proses detoksifikasi tubuh.

4. Menangis Memperbaiki Mood-Mu
Tahukah sahabat unyu bahwa dalam tubuh kita juga terdapat unsur mangan. kadar mangan yang berlebihan ini ternyata berpengaruh buruk untuk tubuhmu. Pengaruh buruk ini antara lain adalah membuat kamu sering merasa gelisah, sensitif dan gampang marah, cepat lelah dan banyak gangguan emosi lainnya.

Terus apa hubungannya kadar mangan tubuh dengan menangis? Nah, menangis itu adalah cara yang paling ampuh untuk menurunkan kadar mangan yang ada di tubuhmu. Prosesnya ya dengan detoksifikasi yang telah dijabarkan di poin 3 tadi.

5. Menangis Mengurangi Rasa Stres
Kebanyakan orang menahan air matanya meskipun mereka sedang mau menangis. Hal ini dapat menyebabkan kondisi stress. Ternyata air mata yang terbentuk saat kita menangis itu mampu menghilangkan hormon-hormon stres yang dilepaskan tubuh saat kita merasa tertekan. Mulai sekarang, tak perlu lagi menahan air matamu saat kamu sedang stress. Keluarkan air mata yang membuat kamu stress dan kembalikan dengan air mata bahagia.

6. Menangis Membantu Mengeluarkan Perasaanmu
Masalah tidak masalah hidup ini pasti ada masalah, hidup kita sering kali mengalami pasang surut dalam menghadapi masalah. Dan terkadang, yang jadi masalah adalah ketika kita tanpa sadar menyimpan energi negatif dari kedukaan dalam diri kita.

Energi negatif (sedih, marah, kecewa, dsb.) ini bisa tersimpan di dalam sistem limbik otak (bagian yang berhubungan dengan memori, emosi, motivasi, dan lain-lain) serta bagian tertentu dari hati kita. Emosi ini akan mengganggu kesehatan kita jika terlalu lama tersimpan. Nah, dengan menangis kita bisa untuk mengeluarkan dan menghilangkan perasaan negatif ini, sehingga membuat kita lebih positif dan lebih bahagia dalam hidup.

7. Menangis Bisa Mendekatkan Dan Menguatkan Hubunganmu Dengan Orang Lain
Walau terlihat gampang, menangis kadang sulit untuk dilakukan kan, Apalagi dihadapan orang asing yang sama sekali tidak kamu kenal. Hal ini berarti bahwa kamu hanya bisa menangis di depan orang yang akrab denganmu, begitu juga sebaliknya kamu akan dapat merasa lebih dekat dengan orang yang melihatmu menangis.

Hal ini juga diperkuat dengan tulisan Ashley Montagu di dalam majalah Science Digest, yang menyebutkan bahwa menangis itu tidak hanya berguna bagi kesehatanmu, tapi juga berguna untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan orang lain. Kamu akan merasa lebih peduli dan merasa lebih dekat dengan teman yang pernah menangis di depanmu (terutama sih, pasanganmu!).

dikutip dari hipwee.com



Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger