What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Tuesday, November 25, 2014

Hindari Diabetes Dengan Makanan Ini

Warna Unyu ~ Berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesdas) yang dilakukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan, telah terjadi peningkatan pada penyandang diabetes militus (DM) di Indonesia sebesar 12.189.685 pada 2014. Menurut beberapa ahli hal ini disebabkan oleh meningkatnya ekonomi serta kehidupan modern meningkatkan epidemi diabetes (sumber u.msn.com).

Bagi Anda yang berisiko memiliki diabetes dan mencegah terjadinya penyakit ini ada baiknya menjaga makanan yang dikonsumsi. Tujuh makanan berikut punya manfaat untuk bantu lindungi tubuh dari risiko diabetes seperti dilansir Good Housekeeping pada Selasa (18/11/2014).

1. Apel
Mengonsumsi satu apel sehari bisa memenuhi 20 persen kebutuhan serat harian tubuh. Serat memiliki peran besar dalam mencegah diabetebs karena mengatur gula darah dalam tubuh.

2. Yoghurt rendah lemak
Yoghurt dikenal memiliki banyak kandungan kalsium dan Vitamin D yang keduanya telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes. Selain itu mengandung protein tinggi yang bisa membantu menjaga berat tubuh. Seperti diketahui kegemukan meningkatkan risiko diabetes.

3. Terung
Terung yang lebih dikenal masyarakat dengan terong di dalam kulitnya mengandung anthocyanin sebuah senyawa antioksidan yang terkait dengan penurunan risiko diabetes. Oleh okarena itu, saat memasak terung sertakan kulitnya.

4. Jahe
Biasanya jahe dikaitkan untuk membantu masalah perut, namun jahe dapat meningkatkan sensitivitas insulin tubuh, sehingga bisa membantu mengurangi peradangan yang disebabkan tingginya kadar insulin dalam tubuh.

5. Salmon
Salmon memiliki kandungan hebat yang baik untuk tubuh. Salah satunya Omega-3 yang bertanggungjawa mengurangi peradangan dalam tubu, sehingga bisa menjaga kadar gula dalam darah. Selain salmon, bisa juga tuna, makare, sarden yang kaya Omega-3.

6. Selai kacang
Selai kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal, serta, dan protein. Kandungan tersebut membantu tetap kenyang lebih lama sehingga mencegah lonjakan gula darah. Efeknya adalah berat badan jadi menurun, risiko diabetes pun menurun.

7. Beras cokelat
Bukan lagi beras merah, namun beras cokela yang dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Hal ini karena beras yang satu ini belum mengalami pemrosesan panjang sehingga tinggi serat, antioksidan dan Vitamin B.

Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger