What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Wednesday, November 12, 2014

Kawah Gunung Api Eksotis dari Indonesia

Warna Unyu ~ Indonesia termasuk Salah saru Negara pada Jalur Ring of Fire atau jalur gunung berapi. Indonesia memiliki gunung- gunung api yang sangat berbahaya dan tinggi. Meletusnya gunung - gunung api ini menimbulkan kawah atau danau gunung yang terletak di punak gunung yang meletus.

Kawah gunung api sebenarnya memiliki bau belerang yang bisa jadi berbahaya bagi kesehatan jika tidak memakai alat pelindung diri. Namun, keindahan kawah gunung api mampu mengindahkan bahaya yang terdapat di kawah gunung api.

Berikut ini adalah beberapa kawah gunung api yang eksotis dari Indonesia

Kawah Gunung Ijen
Gunung Ijen berada dalam kawasan wisata dan cagar alam Ijen. Berada di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang Kabupaten Bondowoso.

Kawah Putih, Jawa Barat
Sisi selatan Bandung menyingkap lansekap dramatis berupa pegunungan dan perkebunan teh di sekelilingnya. Hutan tropis dan bukit-bukit berkabut mempercantik parasnya. Di tengah-tengah suasana itu, terpancar pesona danau kawah indah, yaitu Kawah Putih.

Kawah Putih terletak di puncak Gunung Patuha, sekira 50 kilometer dari Bandung, Provinsi Jawa Barat. Gunung Patuha pernah meletus pada abad ke-10, kemudian bagian kawahnya perlahan beruban menjadi sebuah kawah belerang berwarna putih.

Melangkah ke Kawah Putih seperti memasuki dunia yang berbeda. Dominasi warna putih pucat itu melahirkan suasana yang mampu menghipnotis pengunjung. Saat hari cerah, warna danau begitu mencolok namun ketika hari berawan, seluruh kawah diselimuti kabut. Suhu dingin dan deretan pohon di ketinggian 2.500 m dpl itu pun menambah atmosfer magis

Kawah Kelimutu, Nusa Tenggara Timur
Kelimutu adalah gunung berapi yang berlokasi di dekat kota kecil Moni, Pulau Flores Nusa Tenggara Timur. Gunung berapi ini mempunyai tiga danau kawah puncak dengan berbagai warna. Ada yang berwarna hijau muda, biru, dan hitam.

Tiwu Ata Mbupu (Danau Orang Tua) biasanya biru dan merupakan paling barat dari tiga danau. Dua danau lainnya adalah Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (Danau anak- anak atau gadis) dan Tiwu Ata Polo (danau para pendosa). Danau kawah ini dipisahkan oleh dinding kawah dan biasanya berwarna hijau atau merah.

Uniknya tidak seperti danau kawah lain yang variasi warna dapat diprediksi, tapi hal ini tidak berlaku untuk kawah Kelimutu. Selain warna biru, hijau dan hitam, danau kawah juga bisa berubah menjadi putih, merah dan biru.

Karena keunikan itulah Kawah Kelimutu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Banyak wisatawan yang rela mendaki gunung hingga puncak, hanya untuk menyaksikan keindahan kawah tiga warna ini, terutama saat matahari terbit atau sunrise.

Kawah Sikidang, Dieng
Salah satu obyek wisata populer di Dieng Jawa tengah. Kawah ini terkenal karena terdapat lubang keluarnya gas yang selalu berpindah-pindah di kawasan tersebut. Makanya masyarakat menamai tempat tersebut dengan nama sikidang karena lubang keluarnya gas yang selalu berpindah-pindaj seperti kidang atau dalam bahasa indonesia adalah kijang.

Kontras warna kawah yang putih dengan warna hijau bebukitan menambah kecantikan Kawah Sikidang ini. Disana ada juga mata air yang membentuk anak sungai. Ketakjuban akan semakin terasa saat mendekati bibir lubang kawah. Semburan air mendidih berwarna abu-abu pekat disertai asap putih mengepul. Kadang dari sekitar lokasi juga tercium aroma belerang yang menyengat tapi hal tersebut bukan menjadi penghalang untuk menikmati keindahan pesona kawah sikidang.

Kawah Domas Tangkuban Perahu, Jawa Barat
Satu lagi kawah eksotis yang ada di Indonesia, Kawah Domas. Kawah ini terletak di Tangkuban Perahu, Jawa Barat. Kawah Domas berada di lereng utara Gunung Tangkuban Perahu. Untuk mencapai Kawah Domas, pengunjung bisa menyusuri jalan setapak yang dikelilingi pepohonan rindang. Pemandangan Kawah Domas didominasi oleh batuan gunung berwarna putih. Pada bagian tertentu tampak berwarna kuning, terutama pada rongga-rongga yang mengeluarkan asap belerang.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahannya, tetapi juga turun langsung ke kawah. Pengunjung bahkan bisa merendam kaki di kubangan kawah.
Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger