What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Monday, January 19, 2015

5 Mesjid Keren di Negara Minoritas Muslim

Warna Unyu ~ Mesjid adalah rumah ibadah bagi umat Muslim. Mesjid dibangun sangat indah untuk kenyamanan dan kekhusyukan ibadah. Mesjid juga di design sedemikian menarik dengan arsitektur khas timur tengah yang semakin membuat hati lebih dekat dengan sang pencipta.

Keberadaan masjid dengan arsitektur yang megah ternyata tidak hanya dapat dijumpai di negara-negara dengan penduduk mayoritas Islam saja. Negara non muslim yang memiliki penduduk beragama Islam minoritas pun memiliki bangunan megah yang berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam ini.

Berikut adalah mesid - mesjid megah yang berada di negara yang mayoritas penduduknya adalah non muslim.


1. Camii Mosque – Jepang

Jepang adalah negara yang mayoritas penduduknya memeluk kepercayaan Shinto. Namun siapa sangka di tengah kota Tokyo terdapat sebuah masjid megah yang berdiri tegak. Seperti masjid-masjid di negara non muslim kebanyakan memiliki arsitektur gaya Turki. Masjid yang terdiri dari tiga lantai ini pun dipenuhi dengan ukiran kaligrafi di dindingnya.

Masjid yang berada di Tokyo ini dikenal dengan nama Camii Mosque. Lokasinya berada di dekat stasiun kereta Yoyogi Uehara. Karena masjid ini hanya satu-satunya yang ada di kota itu maka jamaah yang datang untuk beribadah berasal dari berbagai negara yang sedang berkunjung ke sana.

2. Masjid Sehitlik – Jerman

Di daerah Tempelhof, Berlin terdapat sebuah masjid yang merefleksikan keagungan arsitektur Islam di Jerman. Sebuah masjid Turki bergaya arsitektur Usmaniyah klasik Masjid Sehitlik memiliki kubah besar yang menjadi ciri khasnya.

Masjid Sehitlik dibangun di area seluas 1.360 meter persegi yang terdiri dari lantai dasar untuk salat jamaah perempuan. lantai satu untuk ruang salat utama, basement digunakan untuk ruang makan jamaah, dan lantai dua digunakan untuk ruang salah tambahan.

Nama asli dari Masjid Sehitlik ini adalah Berlin Turk Sehitlik Camii yang dibangun pada athun 1983. Sehit sendiri memiliki arti syahid, pengambilan nama ini dimaksudkan untuk mengenang tentara Turki yang gugur dalam Perang Dunia I dan dimakamkan juga di area tersebut

3. Masjid Islamic Center of America – Amerika Serikat

Amerika Serikat yang notabene anti pati terhadap agama Islam nyatanya juga memiliki masjid yang megah. Masjid ini dibangun di kawasan Islamic Center of America (ICoA). Pembangunannya tidak tanggung-tanggung dengan memanfaatkan lahan seluas 21.000 meter persegi. Keren!

Mulai dari luar hingga bagian dalam masjid semuanya terlihat nampak megah. Bagian luar terlihat kubah berwarna kuning dan dua menara tinggi di sampingnya. Bagian dalam masjid dihiasi lampu kristal dan kaligrafi yang indah. Salat di dalam masjid ini akan menjadi makin khusyuk.

4. Masjid di Chinese Hui Culture Museum and Park – Tiongkok

Jika berkunjung ke Kota Yinchuan, Tiongkok, kalian akan menemukan kembaran Taj Mahal di sana. Ya, sebuah masjid yang berada di Chinese Hui Culture Museum and Park ini memang sekilas nampak seperti Taj Mahal di India.

Kota Yinchuan di Tiongkok memang menjadi salah satu kota yang penduduknya banyak beragama Islam sehingga mencari masjid di sana pun tidaklah sulit. Masjid di Chinese Hui Culture Museum and Park ini sangat megah dengan pilar-pilar besar yang makin memperlihatkan kekokohannya. Di bagian kubah masjid juga dihiasi ukiran kaligrafi yang indah.

5. Masjid Kul Sharif – Rusia

Bangunan masjid yang ada di Rusia ini memiliki arsitektur yang tak kalah cantik dengan bangunan-bangunan lain yang ada di negara tersebut. Meski Rusia bukanlah negara Islam namun nyatanya negara tersebut memiliki masjid yang megah di Kazan dan menjadikannya masjid terbesar di Rusia.

Arsitektur bangunan masjid ini didesain oleh para arsitek Rusia, I. Sayfullin dan S. Shakurov sementara bagian interiornya dirancang oleh A. Sattarov. Warna putih dan gradasi warna biru mendominasi seluruh bangunan sehingga membuat siapa saja yang beribadah di dalamnya akan merasa nyaman.
Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger