What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Sunday, January 25, 2015

Begadang Bikin Pikiran Kamu Kotor Lho

Warna Unyu ~ Mengurangi waktu tidur dan begadang ternyata dapat menumbuhkan pikiran negatif dan rasa khawatir yang terus-menerus. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal Cognitive Theraphy and Research yang dilakukan oleh Universitas Binghamton.

Para peneliti meminta 100 mahasiswa untuk menyelesaikan beberapa kuesioner dan dua tugas komputerisasi dengan mengukur berapa banyak mata pelajaran yang membuat mereka merasa khawatir, merenung atau membuat mereka terobsesi. Subyek juga diharuskan menjawab pertanyaan tentang kebiasaan tidur dan jadwal tidur mereka.

Subyek yang menggambarkan diri mereka ‘evening people’, serta orang-orang yang memiliki jam tidur lebih sedikit pada malam hari, ditemukan mengalami pikiran yang lebih negatif daripada mereka yang menggambarkan diri mereka sebagai ‘morning people’, serta orang-orang yang memiliki jam tidur lebih lama.

Meskipun data tersebut menunjukkan adanya korelasi, namun tidak menunjukkan sebab akibat. Para peneliti mencatat bahwa kekhawatiran dapat menyebabkan gangguan waktu dan durasi tidur, daripada terlambat tidur menyebabkan kekhawatiran besar.

Pikiran negatif yang terjadi berulang-ulang, seperti yang dijelaskan oleh mahasiswa yang begadang, sering dikaitkan dengan depresi, kecemasan, gangguan obsesif-kompulsif dan gangguan stres pasca-trauma.

"Jika temuan lebih lanjut mendukung hubungan antara waktu tidur dan berpikir negatif berulang, suatu hari akan bisa digunakan untuk pengobatan individu yang memiliki gangguan internalisasi," kata Dr Meredith Coles. "Mempelajari hubungan antara penurunan durasi tidur dan psikopatologi telah menunjukkan bahwa fokus pada tidur di klinik juga menyebabkan pengurangan gejala psikopatologi." tambahnya, seperti dilansir dari laman Huffingtonpost.

2 comments :

  1. hmmm,,untung saya sekarang dah gk suka begadang. thanks infonya

    ReplyDelete

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger