What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Thursday, February 19, 2015

Sejarah Asal Mula Kata 'Gong xi fa cai' Pada Perayaan Imlek

Warna Unyu ~ Dibalik perayaan imlek, kamu pasti sering mendengarkan kata- kata Gong xi fa cai, apa sebenarnya arti dari kata tersebut ? Gong xi fa cai adalah kata – kata yang sering sekali diucapkan terutama pada saat perayaan imlek atau tahun baru China.

Banyak orang non-chinesse yang tidak tahu sebenarnya apa arti dari kata ' gong xi fa cai ' ini. Ada yang bilang katanya 'gong xi fa cai' itu artinya minta maaf dan minta uang. Yah, sebenarnya bukan seperti itu. Mungkin itu hanyalah pelesetan dari mulut ke mulut.

Kami kutip dari beberapa sumber, Imlek atau tahun baru China sebenarnya dipopulerkan oleh para petani Tiongkok. Jadi sebenarnya imlek itu adalah pergantian musim, dimana dengan datangnya musim itu tanah akan menjadi subur dan para petani akan panen besar.

Suasana syukur selalu menghiasi petani di tanggal tersebut. Hingga akhirnya tanggal tersebut dikenal dengan nama 'Long Lek'.

Setiap 'Long Lek' itu datang, para petani selalu mengucapkan selamat dengan ucapan, 'Sin cun kiong hie' ( Xin chun gong xi ) yang artinya 'selamat menempuh musim semi'.

Namun seiring berjalannya waktu, orang – orang sudah mulai jarang mengucapkan 'Sin cun kiong hie'. Orang – orang kini malah mengganti kata – kata tersebut menjadi 'Gong xi fa cai' ( Kiong hie huat tjay ) yang artinya 'selamat sukses'.

Kata - kata pada dasarnya sangat populer di daerah Hong Kong, masyarakat disana mengucapkannya dengan nada 'kung hei Fat Choi' yang bernada sama dengan 'Gong xi fa cai' yang sering kita dengarkan di Indonesia. 

Nah, itulah sejarah dan makna dari kata - kata 'Gong xi fa cai' yang sering kita dengarkan ketika imlek tiba. sekrang kamu sudah mengerti kan mengapa orang- orang keturuan tiongkok mengucapkan kata tersebut di setiap imlek.

Warna Unyu juga mengucapkan Gong xi fa cai . Salam sukses untuk kita semua
Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger