What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Friday, March 20, 2015

7 Fakta Menarik Seputar Fenomena Gerhana Matahari

Warna Unyu ~ Peristiwa yang akan menjadi sejarah hari ini adalah Gerhana Matahari. Pasti banyak orang yang menunggu gerhana Matahari tentunya, kenapa ? karena sangat banyak misteri di balik terjadinya gerhana matahari. Menurut info dari beberapa media gerhana matahari hari ini akan terjadi di wilayah Eropa dan sekitarnya.

Lalu mengapa gerhana matahari begitu istimewa ? ini dikarenakan gerhana maahari terjadi pada area yang sempit sehingga cakupan wilayah yang dapat melihat fenomena itu lebih kecil di banding gerhana bulan.

Yang lebih menarik lagi, pada saat matahari tertutup bulan yang biasa terjadi pada saat pagi atau siang, kita akan merasakan sensasi malam di siang hari, tentunya hanya sebentar.

Mau tahu fakta menarik lainnya dari Gerhana Matahari lainnya, ini ulasannya seperti yang dikutip dari infoastronomy.co.vu 

1. Ini adalah peristiwa gerhana pertama tahun 2015

Sepanjang tahun 2015, sedikitnya akan terjadi 4 peristiwa gerhana. Yakni akan ada dua gerhana Matahari yaitu Gerhana Total pada 20 Maret serta Gerhana Sebagian pada tanggal 13 September dan dua gerhana Bulan pada tanggal 4 April dan 28 September.

2. Ekuinoks terjadi di tanggal yang sama
Tanggal 20 Maret 2015 bukan saja terjadi gerhana Matahari total, melainkan juga terjadi peristiwa Ekuinoks Maret. Apa ti Ekuinoks?

Ekuinoks adalah awal dari pergantian musim di Bumi. Pada Ekuinoks Maret, belahan Bumi Utara akan memasuki musim semi dan di belahan Bumi Selatan memasuki musim gugur. Berbarengannya gerhana Matahari dengan ekuinoks akan terjadi lagi pada 20 Maret 2034.


3. Tidak Terlihat di Indonesia
Titik gerhana total jatuh tepat di atas Samudera Atlantik Utara antara pantai Greenland dan Norwegia. Hanya dua daerah berpenduduk dengan akses lokasi yang mudah yang bisa dijadikan lokasi pengamatan gerhana Matahari total 20 Maret 2015, yakni Svalbard dan Kepulauan Faroes.

4. Seluruh Eropa akan melihat Gerhana Matahari Sebagian
Jika Anda tidak tinggal di atau tidak mengunjungi Svalbard atau Kepulauan Faroes, jangan putus asa. Sebagian besar Eropa, Asia Utara dan Asia Timur serta Afrika Utara dan Barat akan disuguhi gerhana parsial (gerhana sebagian).

Namun walaupun seluruh Eropa, wilayah Britania Raya menjadi satu-satunya negara yang mendapatkan jatah gerhana 98%. Siang hari mungkin akan menjadi gelap beberapa menit ketika puncak gerhana terjadi.

Sayangnya untuk Indonesia tidak kebagian gerhana 1% pun, Indonesia baru bisa melihat Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016 mendatang.

5. Gerhana bakal menghambat pasokan listrik Eropa?
Beberapa negara Eropa khawatir bahwa Gerhana Matahari 20 Maret 2015 dapat memengaruhi pasokan listrik mereka, mengingat bahwa sekitar 10,5% dari seluruh listrik yang dihasilkan di Eropa berasal dari tenaga surya. Perusahaan listrik di Eropa memprediksi bakal kekurangan pasokan listrik sekitar 35.000 mega watt selama gerhana.

6. Gerhana Total yang sebentar
Bagi mereka yang cukup beruntung untuk dapat melihat gerhana dari Svalbard dan Kepulauan Faroes, durasi gerhana total pertama di tahun 2015 ini tidak akan berlangsung lama alias sebentar. Diperkirakan hanya akan berlangsung selama 2 menit 40 detik, tetapi akan penuh dengan pemandangan spektakuler.

7. Jangan melihat gerhana tanpa filter apalagi selfie 
Atau lebih tepatnya, jangan melihat langsung ke Matahari! Ini berbahaya dan dapat membahayakan mata Anda dan bahkan menyebabkan kebutaan permanen.

Cara paling aman untuk melihat gerhana Matahari adalah memakai kacamata gerhana atau menggunakan proyektor lubang jarum yang dapat Anda buat sendiri dengan mudah.

Para pakar mengatakan mengambil foto gerhana dengan telepon pintar akan menyebabkan risiko kebutaan. Pakar dari the College of Optometrists, Inggris mengatakan bahaya terjadi bila orang melihat langsung ke matahari saat mengambil selfie.

Di Indonesia, Gerhana Bulan Total 4 April 2015 bakal teramati di seluruh pelosok negeri setelah Matahari terbenam.
Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger