What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Thursday, June 18, 2015

Indahnya Masjid Raya nan Megah di Kawasan Indonesia

Warna Unyu ~ Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Dalam istilah dikatakan masjid artinya tempat sujud yang menggambarkan rumah berukuran kecil, kebanyakan dari kita biasa menyebutnya musholla, langgar atau surau.

Selain tempat untuk beribadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan.

Berikut adalah Masjid - Masjid Raya nan Megah di Kawasan Indonesia :

Masjid Raya Baiturrahman Aceh 
Inilah masjid yang penuh dengan sejarah bagi masyarakat Aceh khususnya dan bagi masyarakat Indonesia umumnya, Mungkin hampir dari kita semua mengetahui, Masjid Raya Baiturrahman termasuk salah satu bangunan yang selamat dari terjangan Tsunami dahsyat 26 Desember 2004. Namun atas Kekuasaan Allah mesjid ini bisa selamat dari dahsyatnya tsunami pada masa itu. Masjid yang berada tepat di pusat kota Aceh ini adalah salah satu masjid termegah di kawasan Asia Tenggara. Selain bangunannya yang megah, masjid ini juga dihiasai berbagai ukiran yang indah.

Masjid Istiqlal Jakarta
Masjid Istiqlal adalah masjid nasional negara Republik Indonesia yang terletak di pusat ibukota Jakarta. Salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan yang senantiasa memberikan apresiasinya dalam perancangan untuk Presiden Republik Indonesia saat itu, di mana pemancangan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951.
Baca Juga 5 Masjid Tetap Berdiri Meski Diterjang Bencana.

Masjid Agung Jawa Tengah Semarang
Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu Masjid Raya Terindah Di Indonesia. Masjid dengan arsitektur indah ini mulai dibangun pada tahun 2001 dan penyelsaiannya sendiri, langsung diresmikan oleh Presiden Indonesia saat itu yaitu Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006.

Masjid dan Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center Samarinda adalah masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Dengan latar depan berupa tepian sungai Mahakam, menara dan kubah besar yang berdiri tegak di mesjid ini menjadikan ciri khas tersendiri dari masjid-masjid lain.

Masjid Al Irsyad Bandung
Masjid al-Irsyad Bandung ialah salah satu bangunan yang didesain oleh seorang arsitek lulusan ITB yaitu Ridwan Kamil (walikota Bandung) Jawa Barat. Merupakan tempat beribadah dengan bentuk kubus tanpa kubah, masjid ini sangat indah karena ada penekanan yang cukup detail pada setiap sudut bagunannya, dan itu menjadikan pemandangan yang menarik untuk para jamaahnya.

Masjid Raya Ternate
Masjid yang begitu menawan dipandang dari laut ini adalah Masjid Al-Munawaroh. Sebuah mesjid dari ternate, provinsi maluku utara. Dengan dua menaranya yang terlihat berdiri tegak di atas laut, memberikan pemandangan yang begitu indah. Masjid Raya Al-Munawaroh ini merupakan masjid yang dibangun oleh Pemerintah kota Ternate di bibir pantai kota itu kini menjadi landmark tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Masjid Agung Tuban
Masjid Agung Tuban adalah salah satu Masjid Raya Terindah Di Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Masjid ini didirikan pada abad ke-15 oleh Bupati Tuban pertama yang memeluk agama Islam, yakni Adipati Raden Ario Tedjo. Lokasi masjid pun sangat strategis karena berada di sekitar alun- alun kota dan tidak jauh dari kompleks makam Sunan Bonang.

Masjid Tiban Turen Malang
Masjid Tiban atau masjid ajaib sebenarnya milik Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang terletak di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sebuah masjid yang didirikan langsung oleh santri dan para jamaah dari Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah.

Masjid Raya Medan
Masjid Raya Medan yang tepatnya berada di kota Medan provinsi Sumatra. Masjid ini dibangun pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909 dengan gaya arsitekturnya khas Timur Tengah, India dan Spanyol. Dan masjid ini merupakan saksi bersejarah kehebatan Suku Melayu sebagai pemilik dari Kesultanan Deli kota Medan.

Masjid Agung Bengkulu
Masjid ini dibangun pada tahun 1988 dan selesai pada tahun 1989. Sebuah masjid yang bernama Raya Akbar At Taqwa ini yang terletak di Bengkulu, Indonesia. Kemiripan masjid ini dengan model bangunan istana era kolonial terlihat dari taman yang cukup luas dengan gaya penataan layaknya taman di halaman istana kepresidenan seperti alun-alun kecil di halaman keraton.
Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger