What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Friday, July 10, 2015

Kamu Norak Jika Masih Tinggalkan Sampah di Gunung

Warna Unyu ~ Marak foto di social media tentang gunung di Indonesia yang penuh sampah, dari Rinjani sampai Semeru. Kenyataannya, banyak pendaki yang tidak peduli sampah. Sekelompok anak muda pun bergerak agar gunung kembali hijau.

Seiring dengan perkembangan media sosial dan banyaknya film yang menceritakan kisah pendakian, semakin banyak pula traveler yang naik gunung. Sayangnya, trend pendakian gunung malah membuat gunung makin tercemar oleh sampah yang dibawa naik pendaki.

Pada bulan Mei kemarin, tersebar foto sampah di Gunung Rinjani yang tampak begitu memprihatinkan. Foto yang diambil oleh salah seorang pendaki itu pun menuai perhatian, sekaligus menjadi sentilan bagi pendaki yang suka buang sampah sembarangan.

Namun, permasalahan sampah juga terjadi di banyak gunung populer di Indonesia selain Rinjani. Sebut saja Gunung Semeru, Gede, dan banyak lainnya yang menjadi korban dari para pendaki yang tidak bertanggung jawab.

Melihat permasalahan tersebut, detikTravel mengulas figur para anak muda peduli sampah gunung yang menamakan dirinya dengan Trashbag Community. Komunitas yang terdiri dari anak muda peduli tersebut seakan menjadi garda terdepan pemberantasan sampah di gunung.

Gunung Buka Tempat Sampah


"Gunung Bukan Tempat Sampah," beikut slogan utama dari Trashbag Community. Slogan itu pun dibarengi dengan aksi pungut sampah hingga melakukan edukasi dan pengawasan, terkait kondisi teraktual di lapangan. Hebatnya, mereka melakukan itu semua karena dasar kepedulian yang berasal dari hati.

Dengan jumlah anggota yang tersebar seantero Indonesia, Trashbag Community selalu melakukan aksi bersih gunung dalam setiap pendakian. Aksi tersebut pun dilakukan tidak hanya saat ada event saja, namun setiap saat

Masalahnya, sampah yang ditinggalkan pendaki di gunung memiliki dampak yang buruk untuk alam. Selain mengotori gunung, sampah juga mengakibatkan perubahan perilaku fauna di lingkungan yang membahayakan.

Komunitas Trashbag Community pun juga mengingatkan balai kehutanan, pemerintah, dan semua orang akan kondisi sampah di gunung Indonesia. Adapun terdapat keterbatasan, bahwa sejatinya masalah sampah di gunung merupakan masalah yang harus diselesaikan semua pihak termasuk kita.

Naik gunung boleh saja, tapi sebaiknya turut disertai dengan wawasan dan kesadaran untuk peduli lingkungan. Bagaimana traveler bisa mencintai alam jika tidak paham akan alam, bahkan malah merusaknya dengan membuang sampah sembarangan?

Dengan dasar pemahaman itulah Trashbag Community hadir dan merangkul anak muda Indonesia untuk peduli dan turut terlibat untuk membersihkan gunung. Kalau mau tahu lebih jauh soal komunitas peduli sampah gunung tersebut, yuk disimak lebih jauh!

Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger