What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Monday, July 13, 2015

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan Dengan Mengatur Pola Makan

Warna Unyu ~ Ramadhan adalah bulan paling indah diantara bulan - bulan lainnya. Ramadhan mengajari kita banyak hal, mulai dari belajar merasakan apa yang orang lain rasakan, belajar berbagi, hingga belajar menjaga kesehatan kita.

Pada saat bulan ramadhan, tentunya pola konsumsi kita akan sedikit berbeda dengan hari - hari biasa. Pada saat puasa kita melakukan sahur sebelum tibanya subuh, dan berbuka pada saat waktu maghrib tiba. Perbedaan pola konsumsi tersebut jangan membuat aktivitas kita terganggu, malah harus lebih produktif karena pada saat puasa, fikiran kita akan lebih fokus dan terkendali.

Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan di bulan ramadhan ala warna unyu agar aktivitas kamu terus berjalan dan lebih produktif.

1. Awali sahur dengan Makanan Sehat
Sahur sangat penting dalam berpuasa. Pada saat sahur, kamu harus mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah. Mengapa karbohidrat kompleks ? itu karena karbohidrat kompleks dicerna secara perlahan oleh tubuh. karbohidrat kompleks akan dipecah terlebih dahulu menjadi gula - gula sederhana dan kemudian dicerna, Karena itulah kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu, konsumsilah protein, buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina selama puasa.

2. Saat sahur, Hindari makanan berminyak
Makanan berminyak akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya kamu akan mengantuk pada siang hari.

3. Minumlah secukupnya saat sahur
Kebutuhan tubuh kita akan air perhari adalah 2 liter. Maka, saat sahur kita bisa mencicilnya. Setidaknya, kamu bisa mengatur sendiri asupan air pada tubuhmu agar tubuh kamu dapat terhidrasi sempurna.

4. Berbukalah dengan yang Manis
'berbuka dengan yang manis' bukan berarti kamu berbuka dengan makanan yang manis dalam porsi besar. Mengonsumsi makanan atau minuman manis sangat baik dilakukan pada saat buka puasa, agar dapat segera memulihkan energi setelah seharian berpuasa.

5. Berbukalah dengan Makan secukupnya.
Janganlah langsung memakan banyak makanan saat berbuka. Hal itu akan membuat perut kamu terasa sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan selang minimal setengah atau satu jam baru makan besar. Sesuai dengan sunnah Nabi kan.

6. Kapan Makan Besarnya ?
Ini merupakan pertanyaan yang selanjutnya dipertanyakan, jika membaca poin 5. Nah, kamu bisa memakan makanan utama berbukan puasa setelah shalat maghrib misalnya. Jadi, setelah kamu minum dan makan sedikit makanan manis, kamu bisa langsung berwudhu dan melaksanakan shalat maghrib, karena disitulah do'a yang kamu panjatkan akan mudah diterima Allah SWT. Setelah shalat dan berdo'a, kamu bisa mencicipi menu utama buka puasa kamu hari ini.

7. Jangan Makan Terlalu Banyak saat Sebelum Tidur
Pada saat malam hari, biasanya kita akan merasa lapar. Pastikan kamu tidak makan terlalu banyak untuk mencegah obesitas. Selain itu, hindari meminum kopi dan soda karena bisa membuat kamu sulit tidur dan dapat menimbun banyak lemak. Ganti kedua minuman tersebut dengan air mineral dan jus buah.

8. Minum yang cukup
Minum dalam jumlah yang cukup pada malam hari sangatlah bermanfaat. Pastikan kamu minum air secukupnya sebelum tidur, itu akan membuat tubuh kamu terhidrasi sempurna dan akan membuat tubuh bugar saat sahur.

9. Jangan Tidur Berlebihan
Di bulan ramadhan, tidur saja dianggap ibadah. Namun, bukan berarti kamu tidur seharian dan tidak produktif. Jika tidur saja dianggap ibadah, apalagi produktif, berkalilipat ibadahnya. Akan tetapi, jangan juga memforsir tubuh untuk bekerja seharian. Kamu perlu meluangkan waktu 20-30 menit untuk tidur di siang hari. Tidur siang yang singkat tapi berkualitas akan bantu memulihkan energi.
Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger