What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Thursday, April 28, 2016

Tempat Belanja Oleh - Oleh Khas Lombok

Warna Unyu ~ Setelah sebelumnya membahas tentang apa saja oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang dari Lombok.Tak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang tempat belinya juga.

Berikut ini adalah tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mencari oleh-oleh khas lombok :

Sukarara

Kamu yang menyukai kain tenun nusantara mampirlah ke Sukarara. Desa yang terletak di kecamatan Jonggot, kabupaten Lombok Tengah ini merupakan sentra penghasil kain songket khas Lombok. Kain tenun disini masih menggunakan alat tenun tradisional sehingga keindahan kain songket sangat diperhatikan detail.

Harga kain songket yang mereka hasilkan berkisar dari Rp. 100 ribu hingga Rp. 5 juta tergantung tingkat kerumitan motifnya. Selain kain songket, Sukarara juga memproduksi tenun ikat.

Sekarbela

Ini dia tempatnya mutiara. Nama Sekarbela sangat terkenal dikalangan penggemar perhiasan mutiara dari Lombok. Berada di Desa Sekarbela ini jaraknya tidak jauh dari Mataram, hanya 4 km. Kamu bisa menemukan toko-toko mutiara di sepanjang jalan Sultan Kaharudin.

Dengan harganya yang lumayan mahal kan ngg mungkin kamu bawa uang cash banyak-banyak. Tanang, semua toko di Sekarbela sudah melayani pembayaran dengan kartu kredit dan juga dollar.

Banyumulek, Penunjak, Masbagik

Jik kamu penggemar kerjinan tanah liat datanglah kemari. Ketiga tempat ini merupakan sentra penghasil kerajinan tanah liat di Lombok. Banyumulek berada di kecamatan Kediri, kabupaten Lombok Barat. Penunjak berada di kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah.  Sedangkan Masbagik ada di Lombok Timur. Masing-masing daerah ini memiliki karakter produk dengan ciri khas yang berbeda-beda.

Labuapi

Terletak di Desa Labuapi, Lombok Barat, Disini kamu akan melihat banyak artshop menjual ukiran kayu beraneka bentuk seperti topeng, baki telinga, lemari katalog, gitar dan barang-barang hiasan interior yang lain.

Beleka dan Loyok

Beleka dan Loyok merupakan dua tempat yang berbeda namun menjadi tempat belanja dengan produk yang hampir sama. Beleka adalah sentra kerajinan rotan sedangkan Loyok adalah pusat kerajinan bambu. Di Beleka yang berada di Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah ini kamu akan melihat para wanita pengrajin menciptakan kerajinan rotan di depan rumah. Sedangkan di Loyok yang berada di Kecamatan Sikur, 14 km dari kota Selong menghasilkan tas, hiasan dinding, tatakan gelas, piring, asbak, hiasan lampu dan sebagainya.

Pasar Cakranegara

Pasar Cakranegara adalah pusatnya oleh-oleh khas Lombok seperti tas, kaos Lombok dan aneka cinderamata lainnya dengan harga yang sangat murah. Di pasar ini terdapat banyak toko yang berjajar menjual cinderamata.

Harganya sangat murah dibandingkan dengan daerah wisata lainnya. Oleh-oleh makanan khas Lombok seperti manisan rumuput laut juga bisa kamu peroleh disini. Bagi yang tidak punya waktu untuk mengunjungi sentra kerajinan di berbagai tempat, Pasar Cakranegara bisa menjadi alternatif utama mencari oleh-oleh.

Pasar Seni Sayang Sayang

Kamu dapat menjumpai artshop-artshop yang menjual berbagai cenderamata khas Lombok seperti kerajinan bambu, kerajinan kayu, kerang, ketak, dan asesoris lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai jenis pakaian, kaos dan kain untuk oleh-oleh. Beberapa makanan khas Lombok yang bisa diperoleh disini adalah dodol, manisan rumput laut, manisan tomat, kacang lilit, madu lebah putih dan lain-lain. Pasar Seni Sayang-sayang terletak di Mataram.

Cilinaya Shopping Centre

Cilinaya Shopping Centre berada di Kota Mataram. Disini kamu bisa membeli oleh-oleh khas Lombk terutama kain Sasak. Beragam motif kain Sasak termasuk batik dapat kamu temukan disini . Dengan harga mulai Rp. 150 ribu hingga Ro. 300 ribu. Sedangkan untuk kain hasil tenun handmade dengan benang emas akan djual dengan harga lebih mahal yakni lebih dari Rp. 600 ribu.

Sepanjang Pantai Senggigi

Tak hanya menyajikan keindahan,  pantai senggigi juga menawarkan berbagai oleh-oleh khas Lombok yang bisa kamu bawa pulang. Di sepanjang oantai Senggigi terdapat banyak toko cinderamata yang menawarkan barang-barang kerajinan khas Lombok seperti lukisan, kerajinan tangan, kain tenun Lombok, perhiasan mutiara dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa pusat oleh-oleh di Lombok. Semoga dapat membantu kamu dalam memperoleh oleh-oleh khas Lombok yang diinginkan ya.

Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger