What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Wednesday, June 22, 2016

Sembilan Cara ini Dapat Membuat Tubuh Kamu Tetap Bugar Selama Puasa

Warna Unyu ~ Bulan ramadhan merupakan bulan penuh rahmat dan kebaikan. Selain mendapat pahala, puasa dibulan ramahan juga membawa kebaikan untuk kesehatan tubuh lho.

Namun kamu harus tahu bagaimana menjaga kebugaran tubuh kamu selama Ramadhan, sehingga manfaat dari puasa itu bisa kamu dapatkan dengan maksimal dan tidak loyo dalam berpuasa.

Berikut ini adalah Sembilan tips menjaga kebuagaran tubuh selama Puasa

1. Penuhi kebutuhan 8 gelas air selama berpuasa

Gimana caranya ? kan lagi puasa ? bisa kok, kamu bisa menerapkan komposisi 2-4-2. Dua gelas saat berbuka puasa, lalu 4 gelas saat mau tidur, dan 2 gelas saat sahur. Namun, jika pada saat berbuka atau sahur kamu meminum lebih itu akan lebih baik.

2. Jangan Lupa Sahur

Nabi Muhammad SAW sendiri juga sangat menganjurkan sahur. Mengapa ? dalam sahur itu terdapat rahmat untuk tubuh kamu. Sahur itu penting, jadi jangan lupa makan sahur ya.

3. Jangan Langsung tidur seusai shalat subuh

Mengapa ? Karena, makanan yang kamu makan saat sahur tadi masih dalam proses pencernaan awal, sehingga apabila kamu tidur proses pencernaan awal akan terganggu. Isilah waktu sehabis subuh dengan tilawatil Qur'an, kan lebih bermanfaat.

4. Jangan kebanyakan tidur

Tidur memang dibolehkan dan bahkan dianggap ibadah dalam bualan suci ini. Namun, bukan berarti sepanjang waktu kamu diisi dengan tidur. Tidurlah seperlunya saja, misalnya pada saat selesai shalat dzuhur dengan durasi kurang lebih 15 sampai 30 menit. Itu akan lebih baik dan dapat me-recharge tubuh kamu.

5. jangan tidur sehabis Ashar

Dihari biasa aja tidak dianjurkan untuk tidur sehabis shalat Ashar, apalagi di bulan Ramadhan. Mengapa ? apabila kamu tidur sehabis shalat ashar, tubuh kamu akan merasa loyo, dan tidak bersemangat untuk menghadapi momen berbuka puasa. Isilah waktu sore itu dengan berzikir dan berdo'a. Karena itu adalah salah satu waktu yang ijabah do'a.

6. Segerakan berbuka

Maksudnya, kamu dipersilahkan untuk berbuka puasa saat waktu maghrib tiba. Namun, jangan langsung berbuka dengan makanan yang berat. Berbukalah dengan makanan yang manis, misalnya dengan memakan kurma. Ini akan memberikan tubuh kamu energi kembali. Karena kandungan glokusa (gula sederhana) dari makanan manis tadi dapat dicerna dengan cepat oleh tubuh.

7. Jangan terlalu banyak makan pada saat berbuka

Hal ini dikarena, kamu akan melaksanakan shalat tarawih. Makanan yang berlebihan akan membuat tubuh kamu terasa berat saat shalat tarawih.

8. Cukupi Waktu tidur

Walaupun kamu sedang malaksanakan puasa, waktu tidur kamu juga harus tetap dijaga agar kebugaran tubuh kamu tetap terjaga. Tidak perlu banyak, kamu dapat tidur dengan waktu 6 sampai 7 jam dalam sehari. Waktunya adalah 5 sampai 6 jam pada saat malam dan 30 menit sampai 1 jam pada saat siang.

9. Jangan malas bangun sahur

Ini adalah kebiasaan yang dilakukan kebanyakan orang. Namun jika ingin menjaga kebugaran tubuh kamu dalam berpuasa, kamu harus rajin untuk bangun sahur. Karena bangun sahur dengan semangat juga akan membuat tubuh kamu lebih bugar.

sobat warnaunyu, itulah beberapa tips untuk kebugaran tubuh kamu selama menjalani ibadah puasa. Jika kamu punya tips lainnya, tulis di komentar ya...
Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger