What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Thursday, June 9, 2016

Mahasiswa, Hargai Dosenmu, Jangan Lakukan Hal Bodoh ini ketika Kamu di Kelas

Warna Unyu ~ Sekarang ini para Dosen sering mengeluh tentang kelakuan mahasiswanya baik di kelas maupun di luar ruangan belajar. Dosen sering merasa tidak dihargai oleh Mahasiswanya sendiri.

Ingat, sepintar apapun kalian saat menjadi Mahasiswa, kalian tetap seorang murid yang harus menghargai seorang guru. Karena merekalah kamu bisa mendapat ilmu yang hebat itu.

Untuk menghargai dosen kamu, pliss jangan lakukan ini ketika kamu berada di dalam kelas

1. Masuk Lebih telat dari pada waktu tolerir

Percayalah, biarpun biasanya dosen memberikan waktu tolerir sekitar 15 menit setelah kelas dimulai, mereka tetap akan merasa terganggu jika kamu telat meskipun masih dalam waktu tolerir, apalagi jika kamu telat melebihi waktu tolerir itu. Kalau dosennya killer kamu pasti didepak keluar keluar kelas. Namun jika dosennya baik, mungkin kamu masih dibolehkan masuk. Tapi tahukah kamu dalam hati kecilnya itu mereka sedih dan bertanya "mengapa mahasiswaku tidak menghargai aku ? padahal aku ingin memberikan ilmu kepada mereka". Sedih men.

2. Ngobrol santai bareng sohib

Ketika proses belajar mengajar, kamu jangan sekali kali ngobrol santai bareng sahabat sekelas kamu. Karena selain mengganggu pandangan dosen kamu ketika mengajar, kamu juga menjatuhkan harga diri seorang dosen yang sedang memberi ilmu dan berdiri di depan kamu. jangan lakukan ini ya.

3. Buka laptop ketika duduk di barisan depan

Hal ini sangat mengganggu dosen ketika melihat ke arah mahasiswanya, kecuali memang mata kuliah yang mengharuskan kamu untuk membuka laptop pada saat kuliah. Yakinlah sebaik apapun niat kamu ketika membuka laptop, misalnya untuk melihat slide atau referensi, dosen akan tetap terganggu dengan laptop kamu itu dan mengganggap kamu tidak menghargai beliau. Kalaupun kamu harus membuka laptop kamu, duduklah sedikit ke barisan belakang. itu lebih bisa ditolerir.

4. Ngerjain Tugas Matakuliah lain

Inilah yang paling menjengkelkan bagi dosen, mereka merasa sangat tidak dihargai ketika matakuliahnya kamu asik membahas atau mengerjakan tugas mata kuliah lain. Jika memang kamu harus menyelesaikannya, pliiss sediakan waktu 2 x 50 untuk beliau menjelaskan kewajibannya, itu lebih menghargai.

5. Tidur di Kelas ketika Bahasan serius

Tidak dapat dipungkiri memang dalam kuliah ada masa-masa untuk becanda, suapaya kamu betah, dan adakalanya waktu serius. Nah, saat serius ini dosen sama sekali tidak mengharapkan kamu tidur. Mereka akan sangat terganggu dan merasa tidak dihargai ketika kamu tidur saat beliau menjelaskan permasalah yang serius. Mending kamu keluar kelas daripada tidur dihadapan dosen kamu.

6. Main Gadget di kelas

Ketika kamu menjadi seorang gadget mania, kamu akan tidak tau waktu menggunakan smartphone kamu kan ? tapi pliss jangan ketawa ketawa sendiri di kelas dengan smartphone kamu. Karena itu sangat mengganggu dosen kamu yang sedang menjelaskan matakuliah di depan. Hargai dong genk, beliau kan guru kamu, hargai dikit napa.

7. Jualan di Kelas

Ini memang tidak selalu terjadi di semua universitas. Tapi ada yang begini. Terutama bagi mereka yang sedang ikut kepanitiaan, dalam hal mendapatkan dana untuk penyelenggaraan event kadang mahasiswa berjualan, bahkan di dalam kelas. Bisa keles kalu lagi ngga ada dosen dalam kelas. Tapi jangan sampai ada transaksi ketika dosen sedang mengajar, kamu terkesan seperti "menjual penghargaan seorang guru" ketika melakukan itu di dalam kelas.

Itulah beberapa sikap yang jangan bahkan TIDAK BOLEH kamu lakukan di dalam kelas untuk menghargai dosen kamu sebagai seorang guru yang mengajarkan ilmu bagi kamu, sekali lagi pliiiss, jangan lakukan, mari hargai guru kita.

Kalau masih ada hal bodoh lainnya yang membuat dosen kita merasa tidak dihargai, tolong di share di komentar, biar kita sama sama tahu diri, kita orang yang menuntut ilmu.

Note : gambar hanya ilustrasi
Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger