What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Sunday, November 13, 2016

Pengangguran Ternyata Bukan Hanya Mereka yang Baru Lulus Saja Lho, Lalu Siapa Saja Mereka ?

Warna Unyu ~ Pengangguran adalah suatu kondisi yang terjadi dimana jumlah tenaga kerja yang ditawarkan lebih besar dibanding jumlah lapangan kerja yang tersedia. Selain itu, pengangguran juga dapat diartikan sebagai orang yang berusaha menemukan, mencari, dan belum mendapatkan pekerjaan.

Pengangguran adalah masalah klasik yang pasti ada di setiap negara di dunia ini, termasuk di Indonesia. Pengangguran di Indonesia juga sudah cukup merajalela dan perlu turun tangan pemerintah yang real  dalam mengatasinya, jangan sibuk safari politik aja #eh.

Ditambah lagi sebenarnya pengangguran itu bukan milik mereka yang baru lulus saja lho, jika kita lihat lebih dalam, ada yang menarik dari banyaknya pengangguran yang ada di Indonesia. Ini dia jenis-jenis pengangguran di Indonesia, kamu termasuk yang mana ?

Jenis-jenis pengangguran di Indonesia


1. Pengngguran Terbuka

Jenis pengangguran ini adalah mereka yang benar-benar tidak memiliki pekerjaan, dalam hal ini orang tersebut tidak bekerja sama sekali. Jenis pengangguran ini terjadi disebabkan tidak tersedianya lapangan pekerjaan atau bisa juga tidak adanya kesuaian antara lapangan kerja dengan keahlian yang dia miliki atau pendidikan orang tersebut.


2. Pengangguran Setengah Menganggur

Jenis pengangguran ini adalah dimana orang tersebut sudah memiliki pekerjaan, tapi belum optimal terkait jam kerja, produktivas, dan besar pendapatan orang tersebut.

3. Pengangguran Struktural

Pengangguran Struktural merupakan jenis pengangguran yang terjadi disebabkan oleh adanya perubahan struktur dalam pekerjaan tersebut, misalnya yang awalnya pertanian berubah menjadi perindustrian. Karena hal itulah, maka para pekerja akan dituntut untuk harus memiliki keahlian di bidang perindustrian tersebut seperti mengoperasikan mesin pabrik dan sebagainya. Kalau tidak bisa memenuhi kriteria tersebut maka terjadilah pengangguran struktural ini.

4. Pengangguran Terselubung

Pengangguran terselubung adalah jenis pengangguran dimana orang tersebut sudah memiliki pekerjaan tetap tapi belum sesuai dengan pendidikan dan keahlian yang dimiliki orang tersebut.

5.Pengangguran Musiman

Pengangguran musiman adalah pengangguran yang terjadi disebabkan adanya perubahan musim, dalam hal ini terjadi permintaan tenaga kerja yang berkala. Contohnya adalah Petani yang menjadi pengangguran setelah musim panen selesai.

6. Pengangguran Konjungtural

Jenis pengangguran ini terjadi karena menurunnya kegiatan peekonomian di suatu negara yang menyebabkan turunnya daya beli yang mengakibatkan permintaan barang atau jasa juga ikut menurun.

Dengan menurunnya permintaan barang atau jasa tersebut, maka perusahaan pun akan mengurangi produksi barang atau jasa tersebut, sehingga untuk mengurangi beban keuangan perusahaan pun juga akan mengurangi karyawan. Pengangguran inilah yang disebut pengangguran konjungtural.

7. Pengangguran Sukarela (Friksional)

Jenis pengangguran ini dapat terjadi karena adanya pergeseran antara tenaga kerja perusahaan ke perusahaan yang dia inginkan, dimana dalam masa pencarian ini, orang tersebut menganggur, maka orang tersebut termasuk pengangguran Sukarela (Friksional).

Itulah beberapa jenis pengangguran yang ada di Indonesia, kamu termasuk yang mana ? Jika kamu merasa tulisan ini menarik atau bermanfaat, silakn di share ke teman-teman kamu.
Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger