What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Sunday, January 8, 2017

Blogger vs Vlogger : Mana Yang Kamu Pilih?

Sumber : simplywp.net
Warna Unyu ~  Indonesia sudah menjadi bagian dari derasnya arus teknologi informasi. Dulu, kita mengandalkan media seperti majalah, tabloid, koran, Radio, Televisi dan lain sebagainya untuk mendapatkan informasi atau hiburan. Namun Saat ini, terdapat alternatif lain yang muncul, yaitu internet.

Terdapat banyak hal yang kita temukan di internet dengan mudah. Kita bisa mendapatkan informasi dengan mudahnya. Kelebihan lainnya, kita juga bisa mengekspresikan diri kita tanpa mengenal batas waktu bahkan biaya. Ada banyak sarana yang tersedia di dunia online. Kalau kamu suka menulis, menjadi seorang blogger adalah pilihan. Kalau kamu suka show up di depan kamera, menjadi vlogger adalah pilihan yang bagus.

Apa itu Blogger dan Vlogger?

Sumber : makeuseof.com
Sebenarnya Blogger sendiri merupakan sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs yang pada tahun 2003 sudah diakuisisi Google, namun blogger sendiri juga dapat mengacu pada makna lain, yaitu sebutan bagi orang yang menulis blog tersebut, terlepas dari apapun platform yang ia pakai. Sedangkan Vlogger adalah akronim dari Video blogging, yaitu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media utama. Sederhananya, Blogger menampilkan karya hanya lewat tulisan sedangkan  Vlogger lewat video.

Eksistensi Blogger dan Vlogger di Indonesia

Pada awal kemunculannya, para pengguna internet di Indonesia sebagian besar menggunakan blog untuk menulis curahan hati atau perjalanan hidup sang blogger itu sendiri. Namun setelah media sosial mulai marak, para blogger memanfaatkan blog-nya untuk memberikan konten-konten yang menarik yang tematik sehingga kegiatan blogging bukan lagi menjadi hal yang dikesampingkan, akan tetapi bisa menjadi sumber penghasilan mereka.

Ada banyak blogger di Indonesia yang sudah telah sukses, seperti Maulana Malik yang memiliki penghasilan besar dari produk yang ia jual di blog-nya, Marikxon Manurung yaitu pemilik blog maxmanroe.com yang  membahas tentang internet Marketing dan masih banyak lagi.

Sedangkan Vlog pertama kali dimulai dari seseorang bernama  Adam Kontras yang memposting video bersama dengan entri blognya pada tahun 2000. Dan pada tahun 2005, vlog makin populer. YouTube menjadi pionir utama dalam memperkenalkan vlogging di Indonesia.

Alhasil, tidak sedikit para vlogger ini yang menjadi terkenal dan sukses karena memproduksi konten video yang menarik di YouTube, Instagram dan sosial media lainnya seperti Karin Novilda a.k.a Awkarin, Bayu Skak, Laurentius Rando, Raditya Dika dan lain sebagainya.

 Jadi Blogger atau Vlogger?

Sumber : hiloninsulation.com
Tidak seorang pun dapat sukses kecuali ia mencintai pekerjaannya
Begitulah kutipan dari seorang pebisnis terkenal Amerika Serikat, David Sarnoff. Bagi kamu yang memang hobi menulis, menjadi blogger adalah pilihan tepat. Karena selain selain dapat menyalurkan hobi kamu, ternyata juga bisa menambah penghasilan apabila blog kamu bermutu. 

Penghasilan seorang blogger yang paling umum adalah lewat iklan, entah itu mendaftar ke program Advertising Network (jaringan periklanan) atau menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan (Direct Advertising). Selain iklan, ada banyak sumber penghasilan lainnya, seperti paid review yaitu melakukan review terhadap suatu produk, blog network atau menjual blog yang traffic-nya tinggi.

Sama halnya Blogger, menjadi Vlogger di YouTube akan mendapat penghasilan lewat Iklan apabila konten videonya menarik untuk dikonsumsi publik. Keuntungan lainnya adalah cepat menjadi terkenal jika dibandingkan seorang blogger. Kenapa? Karena seorang Vlogger cenderung menonjolkan sisi personality – nya, daripada blogger yang menonjolkan karyanya lewat tulisan. Dan hasilnya, cukup banyak vlogger di Indonesia yang menjadi terkenal dan menjadi bintang film.

Terlepas dari keinginan kita menjadi seorang Blogger atau Vlogger yang sukses, semua tergantung kepada kerja keras kita. Karena menempuh kesuksesan bukanlah perkara instan, dibutuhkan disiplin yang tinggi serta komitmen yang kuat. Sudah siapkah kita? (rgw)

Penulis : Rant Guswandi

Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger