What's Hot

Travel

Love

unyu

Health

Tuesday, April 4, 2017

Cara Hemat Uang Bukan Cuma Bertahan Sampai Akhir Bulan

https://pixabay.com/en/banknote-business-cash-currency-15801
Warna Unyu ~ Bahagia rasanya menunggu detik-detik gajian atau uang saku kiriman orang tua datang. Akhirnya bisa belanja keperluan bulanan, bayar kosan, nongkrong, beli sepatu, baju baru. Eits, bahaya nih terlalu menghambur-hamburkan uang di tanggal muda. Bahkan ujung-ujungnya merana sampai ada sebagian orang yang terpaksa gali lubang tutup lubang untuk bertahan hidup sampai akhir bulan. Nah untuk menghindari hal tersebut, ada berbagai cara hemat uang saku sampai akhir bulan. Berlaku juga buatmu yang sedang mencari cara menghemat gaji, beberapa tips ini bisa kamu ikuti untuk bertahan hidup sampai akhir bulan bahkan sampai kaya.

Belanja dan Nongkrong Boleh, Tapi


https://pixabay.com/en/shopping-fashion-purchasing-bag-2163323
Harus melalui berbagai pertimbangan terlebih dahulu. Ada baiknya Kamu menakar jatah uang hiburan misalnya 200 ribu, sedangkan uang belanja item fashion atau kosmetik 200 ribu per bulan. Jika nominalnya lebih dari itu, kamu harus mengorbankan budget bulan depan. Tips buat kamu yang ingin tampil fashionable, bukan berarti setiap bulan harus punya item fashion terbaru. Kunci dari tampil modis ialah skill mix and match yang tinggi. Semakin kreatif dirimu, maka semakin keren penampilanmu.

Harus Menabung

Bang bing yuk kita nabung! Lagu yang satu ini pasti familiar banget di telinga kamu sedari kecil. Yang aneh, rasanya kok lebih mudah nabung saat kecil dulu ya daripada sekarang. Padahal uang saku dari orang tua jauh lebih banyak. Mulai dari ajakan teman untuk jalan-jalan hingga godaan diskon rasanya paling susah untuk diabaikan. Boleh saja sesekali menerima ajakan, namun jangan keseringan karena kamu bisa-bisa bangkrut. Tentukan uang tabungan per bulan sehingga kamu akan lebih cermat dan menahan diri sehingga dapat mencapai target simpananmu.

Cari Cara Investasi

Selain menabung, kamu yang paham betul mengenai ekonomi dan finansial pasti sudah tidak asing lagi dengan kata investasi. Ada banyak jalan untuk dapat berinvestasi sedari muda. Selain mengumpulkan logam mulia yang harganya terus meningkat, properti juga dipercaya sebagai cara konvensional investasi yang tak pernah ketinggalan jaman. Pasalnya harga terus meroket karena pasokan tanah yang menyusut di tengah permintaan tinggi. Oleh karena itu, cara investasi ini paling mudah dipahami dengan keuntungan yang pasti diraih di masa yang akan datang.

Sebagai gambaran, harga rumah tipe 36 di Bandung paling murah sudah mencapai Rp 274,000,000. Diperkirakan, lonjakan harga properti ialah 10 persen per tahunnya. Di sisi lain, bagi kamu yang memiliki modal, waktu, dan pengetahuan terbatas, reksadana cocok untuk belajar investasi di pasar saham dengan dibantu oleh Manajer Investasi. Kamu bisa memulainya dengan modal mulai dari Rp. 100.000 lho!

Uang Sewa vs Cicilan Rumah

https://pixabay.com/en/house-home-sold-brick-for-sale-435618/
Ini berlaku bagi kamu yang sudah kerja maupun masih kuliah. Ada kalanya dengan alasan privasi, kamu ingin tinggal di lokasi terpisah dari orang tua. Sebagian orang juga ingin menghilangkan cap anak mami sehingga dapat tinggal di rumah kos menjadi kebanggaan tersendiri. Sayangnya dengan perhitungan yang lebih matang, selama rumah orang tua jaraknya dekat dari tempatmu beraktifitas maka biaya kos lebih baik dimanfaatkan untuk simpanan. Sebagai perkiraan, biaya sewa kos di kota Bandung per bulannya berkisar antara 500 ribu hingga 2 juta. Nyatanya, besaran ini tak jauh beda dengan cicilan rumah subsidi. Jika kamu sudah memiliki pekerjaan tetap atau usaha dengan omset cukup besar, segera mulai ajukan KPR.

Faktanya di Amerika, kota yang berprospek bagus untuk anak muda dari segi karir seperti New York, minimum pendapatan untuk dapat membeli rumah disini ialah 6,550 USD, disebut-sebut jauh dari pendapatan yang didapat millienials di sana. Miris ya? Makanya sebelum terlambat, coba tinggalkan sedikit demi sedikit gaya hidup konsumtifmu. Jangan malu juga untuk sementara tinggal dengan orang tua demi rekening tabungan yang lebih gendut dan kemungkinan untuk mencicil rumah milik sendiri.

Comments
0 Comments

Post a Comment

Kuy, Komentar dengan Bijak!

 
Copyright © 2014-2016 Warnaunyu.com - Tempat Baca Anak Muda / Sitemap / Disclimer / Kebijakan Privasi / Kirim Artikel / Kontributor / Pasang Iklan
Powered by Blogger